Wednesday, July 13, 2016

Tentang Label di Blog Ini


Seperti halnya blog saya yang terdahulu, setiap posting artikel di blog akan saya kategorikan ke dalam label-label tertentu. Di blog yang baru ini, penamaan label tidak jauh berbeda dengan blog yang lama. Saya hanya merampingkan kategorisasi label agar lebih mudah ditata dan lebih fungsional. Dalam hal ini, saya merasa perlu menjelaskan setiap kategorisasi label dan konten yang saya tulis di dalamnya, demi kenyamanan para pembaca blog saya.

1. Life
Label ini dikhususkan untuk kategori tulisan saya yang "berat"—dalam artian proses pengerjaannya telah menyita banyak waktu dan pikiran saya. Biasanya, tulisan di label ini akan bercerita tentang realitas kehidupan dan pendapat saya tentang hal tersebut.

2. Diary
Sebagai sebuah personal blog, mau tak mau saya akan menghabiskan sebagian besar ruang di blog ini untuk menceritakan pengalaman saya sehari-hari. Ide-ide dasar di blog ini kebanyakan memang bersumber dari pengalaman saya sehari-hari. Di label “diary”, tidak tertutup kemungkinan saya akan mengumbar beberapa aib dan rahasia pribadi, yang saya rasa perlu untuk diketahui orang banyak.

Dalam hal ini, sebisa mungkin saya akan menjaga privasi dan nama baik para pihak yang terlibat di dalam cerita saya. Karenanya, jangan heran jika kalian mendapati banyak nama samaran di blog ini. Semua itu perlu saya lakukan demi menjaga privasi dan nama baik para pihak yang terlibat dalam cerita tersebut. Jika kebetulan ada yang merasa tersinggung karena kesamaan nama dan tempat, silahkan hubungi saya.

3. Cinta
Cinta adalah salah satu topik yang tidak pernah selesai dibahas. Masing-masing diri kita, baik laki-laki, maupun perempuan, memiliki sikap dan cara pandang masing-masing tentang cinta. Berhubung saya laki-laki, maka saya akan membahas cinta dari perspektif ke-“laki-laki”-an. Karenanya, jangan keburu mendebat saya jika kalian mendapati tulisan kontroversial saya di genre ini. Pastikan dulu kalian laki-laki atau perempuan. Kemudian, pahami lagi konteks masalah yang saya tulis. Cermati, dari sudut pandang mana saya melihat masalah itu. Dan karena “cinta” adalah sesuatu yang rumit, saya mohon kebijaksanaan kalian dalam menyikapi urusan ini. Setiap petuah, nasihat, dan wejangan yang tertulis di blog ini adalah hasil pemikiran subjektif saya. Sangat mungkin tulisan saya tidak bisa digeneralisasikan pada semua masalah, karena konteksnya sudah berbeda. Oh iya, satu pesan saya, berhentilah menanyakan tips-tips konyol seperti tips cepat cari pacar, tips membina rumah tangga, tips menemukan suami/istri idaman, atau tips-tips cinta semacam itu karena saya tidak pernah tertarik untuk menuliskannya di sini.

4. Sekolah
Sejak SMP saya mulai berpikir untuk menjadi seorang guru. Saya rasa, menyenangkan sekali berdiri di depan kelas, mengajar dan bercengkerama dengan anak-anak yang ceria dan bersemangat. Hampir separuh usia saya dihabiskan di balik bangku-bangku sekolah. Sudah tentu saya memiliki idealisme dan utopia tersendiri tentang bagaimana semestinya proses pendidikan di sekolah berjalan. Melalui blog ini, saya ingin berbagi pemikiran saya tentang dunia sekolah dengan segala hingar bingar permasalahannya.

5. Tips
Saat membaca buku atau berselancar di internet, tidak jarang saya mendapati kumpulan tips yang saya rasa penting untuk dibagikan di blog ini. Tentu saja saya tidak akan melakukan 100% copy-paste. Saya hanya perlu mengambil ide dasar dari buku atau situs yang menyediakan kumpulan tips tersebut untuk kemudian menuliskannya kembali dengan gaya penulisan saya sendiri. Agar lebih aman, sebagian tips bersumber dari pengalaman saya sendiri. Yang jelas, saya tidak tertarik untuk menulis tips-tips 'konyol' seperti yang saya sebutkan di poin nomor 3 di atas.

6. TentangNulis
Terkadang saya perlu suntikan motivasi agar tetap menikmati proses menulis. Berhubung saya masih pemula, saya harus intens menempa diri sambil meluruskan niat dalam menulis. Bagi saya, hal ini tidak mudah karena menulis adalah aktivitas berpikir yang menguras waktu dan tenaga. Karena itu, dengan label “tentangNulis” saya bisa membahas segala sesuatu tentang dunia menulis, sekaligus menjadi self reminder bagi saya agar tekun belajar menulis. Sebagian materi saya dapatkan secara otodidak—hasil blogwalking ke blog sebelah. Sebagian lagi saya dapat dari buku dan seminar kepenulisan yang pernah saya ikuti.

7. Fiksi
Label ini diperuntukkan bagi tulisan saya yang berisi cerita rekaan atau fiksi. Di label ini, saya akan menuliskan cerita rekaan semacam itu untuk membuat permisalan atas suatu masalah. Biasanya, orang akan lebih mudah menangkap sebuah pesan nasehat jika disajikan dalam cerita. Melalu icerita fiksi, ada begitu banyak nasehat bijak yang bisa disampaikan secara halus tanpa kesan menggurui.

*   *   *

Itulah tujuh kategorisasi label dalam blog ini. Jumlah tersebut masih mungkin bertambah atau berkurang, tergantung perkembangan tulisan saya di blog ini. Akhir kata, selamat menikmati blog saya yang baru ini. Semoga kalian bisa mendapatkan manfaat di dalamnya. Jika ada hal yang keliru, mohon koreksi dan kritiknya. Karena sungguh manusia yang beruntung di dunia ini adalah mereka yang beriman dan beramal saleh, serta saling nasehat-menasehati dalam kebaikan dan kesabaran. []