Tuesday, February 25, 2020

Ulang Tahun Setiap Hari



Tidak perlu menunggu setahun sekali untuk merayakan ulang tahun. Kita bisa memilih merayakan ulang tahun setiap hari. Jika kita menyadari, setiap hari kita mengalami fase hidup-mati-hidup. Persis seperti konsep kebangkitan atau kelahiran kembali. Ketika kita beranjak tidur, kita sebenarnya sedang berproses menuju fase setengah mati. Kondisi kita ketika tidur mirip orang mati di mana kesadaran kita hilang dan kita tidak mampu lagi mengontrol tubuh kita.

Ketika kita terbangun, kita merasakan badan segar kembali. Paru-paru seakan terisi penuh dengan udara segar. Beban di kepala mereda. Kita pun bersiap menjalani hari dengan berbagai aktivitas selanjutnya.

Berulangnya siklus dari bangun sampai tidur lagi sebenarnya mengajarkan kita jika setiap hari yang kita lalui adalah anugerah. Kita bersyukur karena masih diberi kesempatan oleh Tuhan untuk melanjutkan kehidupan hari ini. Dan sebagai wujud rasa syukur, kita menunjukkannya dengan aktivitas bekerja dan menolong sesama. Begitulah esensi perayaan ulang tahun yang sejati.[]


February 25, 2020Benny Prastawa